Search

Liwetan Sunda, Liwetan Solo dan Tradisinya


Terkenal dengan masyarakatnya yang ramah dan murah senyuman, Indonesia juga khas dengan budaya gotong royong. Hampir pada semua bagian, orang Indonesia selalu menanamkan budaya kebersamaan dan kebiasaan untuk selalu bermusyawarah.


Mulai dari acara adat, tarian, musik, bahkan kuliner pun menanamkan nilai kebersamaan. Nah, salah satu bagian kuliner yang menerapkan budaya kebersamaan ini adalah tradisi liwetan!


Sejarah Liwetan

Liwetan adalah kegiatan makan bersama dengan beralaskan daun pisang sebagai pengganti piring. Lauk pauk, nasi, dan segala macam kelengkapannya ditaruh di atas daun pisang tersebut dan biasanya makannya menggunakan tangan.

Lauk yang disediakan dalam sajian nasi liwet biasanya terdiri dari ikan goreng, tempe, tahu, paru, ikan asin, ayam goreng, ikan teri, lalapan, bakwan, dan masih banyak lagi tergantung selera.


Sejarahnya, nasi liwet atau liwetan pertama kali hadir di kota Solo. Tradisi liwetan dimulai dari ketika bangsa arab masuk ke Indonesia untuk menyebarkan agama Islam, di Jawa. Orang Arab yang mempunyai kebiasaan makan dengan cara duduk bersama sambil melingkari hidangannya, menurunkan kebiasaan ini ke orang Jawa khususnya pada kalangan pesantren.


Ini lah yang menyebabkan liwetan kental dengan budaya Jawa dan Islam. Hingga sekarang, hampir pada setiap perayaan hari besar Islam, tradisi liwetan selalu dilakukan.

Selain sebagai kegiatan yang dilakukan pada hari-hari besar, liwetan juga dilakukan untuk rangka selamatan dan permintaan doa kepada sang pencipta. Biasanya, doa akan dipanjatkan sebelum menyantap makanan.


Liwetan juga mengandung unsur kebersamaan yang sangat kental. Di mana, dalam melakukan kegiatan ini, semua orang duduk melingkari sajian yang ditaruh di atas daun pisang dan menyantapnya.


Rasa kebersamaan yang muncul sambil menyantap makanan lezat, semakin membuat suasana menjadi hangat Oleh karena itu, liwetan menjadi tradisi dan kegiatan favorit yang sering dilakukan pada acara keluarga, reunian, arisan, dan masih banyak lagi.


Liwetan Zaman Now


Sekarang, nasi liwet semakin banyak digemari masyarakat! Selain praktis, lezat, dan membuat suasana menjadi semakin akrab, tampilan nasi liwet juga instagramable dan istimewa banget!


Di kota-kota besar, kamu bisa dengan mudah menemukan jasa katering yang akan menyiapkanmu sajian nasi liwet dengan tataan unik dan cantik. Selain itu, banyak juga restoran yang menyediakan paket nasi liwet untuk acara kumpul-kumpul bersama.


Terlampir Liwetan ala Ayam Kriwil



0 views